Tiga (Pasar dan Pekan) i Simalungun “Tempo Doeloe”

Perhatikan: semua orang tampaknya berpakaian rapi bahkan ada pria yang memakai jas. Lokasi diperkirakan di pasar yang ada saat ini, seperti terlihat dari kaki gunung (?) yang ada di barat Seribudolok.

Juga di Pasar (Tiga) Seribudolok. Sangat kontras: sementara sebagian besar berpakaian, ada beberapa perempuan tua yang berpakaian seadanya. Sangat ramai, kaarena emmang hari pasar. Dulu setiap Rabu. Tidak ada informasi, apa ibu-ibu tersebut wanita Simalungun atau Karo, karena keduanya memakai tudung kepala yang disebut bulang. Tapi bulang wanita Karo biasanya lebih lebar dan besar.

Menjajakan Kain Ulos Tenunan Sendiri di Suatu Pekan di Simalungun: Tidak diperoleh informasi di pekan mana. Perlu didalami, apakah memang “tempo doeloe” perempuan Simalungun yang menjadi pengrajin ulos (bertenun sendiri) sebanyak itu?

Foto ini sekitar tahun 50-60-an pada Hari Pekan (Senin) di Haranggaol. Tampaknya sore hari setelah hari pekan menjelang selesai. Seperti terlihat, saat itu bus penompang juga sbg bus pengangkut barang dagangan. yang menggunung di atas mobil. 

4 Responses to Tiga (Pasar dan Pekan) i Simalungun “Tempo Doeloe”

  1. MARINGAN GIRSANG says:

    APAKAH GAMBAR YANG SAUDARA TAMPILKAN INI TEMPATNYA SAMA DENGAN YANG SEKARANG,KIRA2 TAHUN BERAPA GAMBAR YANG ANDA TAMPILKAN INI.TRIMS

  2. MAP says:

    Horas sanina. Lang hubotoh pasti tempatni atap na bani na sonari do. Tapi kemungkinan, ai do. Idah ham ge dong dapot bagian ni Dolok (Simarjarunjung?) hampit siamun ni gambar.

    Tahun ni gambar, antara 1900 – 1925, nuhurhu bagian ni karya ni Charles Kleingrote, fotographer Jerman na horja i Singapur 1889 anjaha i Indonesia 1889-1925. Horas ma.

  3. Ada tidak sejarah perkembangan mengenai tenun simalungun?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s