Haranggaol-sekitarnya “Tempo Doeloe”

Rumah Bermain di Haranggaol, 1903 (Harang Gaul Play House) Foto oleh Charles Kleingrote, Fotographer Jerman yang bekerja di Singapora 1889 dan di Indonesia 1889-1925. Kemungkinan hari itu ada keramaian (lomba perahu?), karena banyak orang.

Masih foto Haranggaol, oleh Charles Kleingrothe, 1903 – dilihat dari “jalan” antara Kampung Purbasaribu dan Haranggaol. Purbasaribu Haranggaol kurang lebih 4 km. Seperti namanya, terlihat banyak pohon pisang (harang=sarang, gaol=pisang)

Haranggaol – Padi Sawah, oleh Charles Kleingrothe(1903), dilihat dari posisi yang kurang lebih sama, antara “jalan” Kampung Purbasaribu dan Haranggaol. tanaman padi tampaknya sedang menguning, dan tampak tali-temali “hotor” untuk mengusir burung pipit.

 

Haranggaol dengan latar belakang Purbasaaribu, dari koleksi Tropenmuseum, Belanda. Saat foto ini diambil, masih adas sekitar 8 buah jabu bolon, seperti terlihat dalamn foto.

Haranggaol dengan latar belakang Purbasaaribu, dari koleksi Tropenmuseum, Belanda. Saat foto ini diambil, di Purbasaribu sekurangnya ada 8 buah jabu bolon, seperti terlihat dalam foto. Seingat saya, akhir 1950-an, jabu bolon ini tinggal satu buah. Sepanjang pantai Haranggaol jelas telihat ditutupi pasir putih,

One Response to Haranggaol-sekitarnya “Tempo Doeloe”

  1. Mari kita dukung untuk Simalungun yang lebih baik…
    https://bonapetruspurba.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s